About Ria Asteria

Ria Asteria

Masa muda adalah masa untuk belajar. Begitu prinsip yang dipegang teguh oleh Ni Putu Asteria Yuniarti, S.Pd., M.I.Kom. Karena itu pula, ia terus belajar dan belajar hingga kini sedang menempuh jenjang S-3. Tak hanya di bidang akademis, ia pun terus memantapkan jalurnya di bidang bisnis.

Sebagai generasi muda yang kini berkecimpung di dunia usaha (wirausaha muda), Ria Asteria-demikian sapaan akrabnya, terus berjuang untuk bertemu banyak relasi dalam meningkatkan omzet usaha yang ia tekuni sekarang. “Di tahun sebelumnya, saya fokus pada usaha di bidang pendidikan, di tahun 2017 saya mulai menapaki kaki di bisnis kuliner yaitu Miss Ria Cake,” ujar putri dari putri pasangan I Made Lilir Adnyana dan Ketut Budi Hartini ini.


Berangkat dari latar belakang keluarga yang kurang mampu, yang sering diremehkan orang, ia merasa jengah dan tertantang untuk bisa membuktikan bahwa dirinya bisa berhasil dan bisa membahagiakan keluarga serta berguna bagi orang banyak dengan ilmu yang dimilikinya.


Bagi gadis kelahiran Lampung, 1 Juni 1992 ini, sukses adalah ketika bisa berbagi dengan sesama. Karena dengan demikian, hidup memiliki nilai yang sangat berarti yang tidak bisa ditakar dengan materi.


Atas dasar itulah, ia mengawali kegiatan sosialnya dengan mengajar anak-anak di Desa Guwang, Gianyar dalam Yayasan Anak Tangguh, mengajar anak-anak di lingkungan rumahnya di Desa Punggul Abiansemal, Badung, hingga saat ini menaungi secara resmi kegiatannya dalam sebuah Yayasan Ria Asteria Mahawidia. “Saya harus berbagi dan bertekad harus bisa membantu orang lain, menolong tanpa batas dan ikhlas. Menjadi suatu kebanggaan ketika saya bisa menjadi bagian dalam upaya pencapaian mimpi orang lain hingga mereka sukses,” ucapnya.


Tak hanya membantu anak-anak untuk bekal sekolah, ia juga menjalin kerjasama dengan Yayasan Dana Abadi Bali yang fokus dalam pengembangan SDM untuk mampu hidup mandiri. Berbagai kegiatan juga ia selenggarakan seperti mengadakan seminar, talkshow, pencarian generasi muda berbakat Pro Bali Ambassador, Pro Bali Award, dan lain-lain, hingga kegiatan kemanusiaan membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam Gunung Agung.


“Sungguh merupakan hal yang sangat berkesan sebagai generasi muda yang mampu lebih banyak mengisi kegiatan-kegiatan dengan hal yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang,” imbuhnya.


Menyambut Tahun Baru 2018, Ria Asteria masih tetap bermimpi dengan impian-impian yang tertunda di tahun 2017. Yakni, mendirikan sebuah Beauty Centre dan Resto yang akan segera digarapnya di tahun ini. “Asyik dengan dunia bisnis, membuat ide saya selalu muncul dan berkembang tapi terkontrol karena harus disesuaikan dengan modal, baik modal sendiri, melalui lembaga keuangan atau mencari investor,” ujarnya.


Di tahun 2018 ini, Ria Asteria yang pernah meraih prestasi yang membanggakan, di antaranya sebagai Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional yang berhak atas Piala Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan Runner Up 1 Miss Internet Bali 2015 ini berharap kita semua dalam keadaan sehat, bahagia, damai dan hidup berkelimpahan.